Breaking News
Join This Site
Allah SWT tidak akan mentakdirkan yang buruk bagi alam semesta

Allah SWT tidak akan mentakdirkan yang buruk bagi alam semesta

DIGITAL CAMERA Sungguh Mulia orang-orang yang Berdasar sistem keyakinan , sebab orang-orang yang berpandangan positif sebagai akhlaqnya memiliki sikap yang terbaik terhadap setiap kejadian, walaupun pada apa yang kita menganggapnya sebagai musibah atau kesialan. Mereka tidak memiliki perbendaharan bahasa seperti sial, celaka, kehilangan, bencana dan sejenisnya, karena mereka selalu bisa melihat hikmah atau sisi baik di balik setiap peristiwa. Sehingga, pikiran dan perasaan mereka selalu mendisposisikan untuk berucap dan bertindak mulia dalam bingkai keyakinan sepenuhnya bahwa Allah dengan Rahman Rahimnya tidaklah menciptakan segala sesuatu dalam kebatilan atau kesia-siaan, sebagaimana ucapan Ulul Albab yang diabadikan dalam al-Qur`an:

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىَ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ رَبَّنَآ مَا خَلَقْتَ هَذا بَاطِلاً سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka (QS. Ali Imran [3]: 191).

Dari itu, mereka berserah diri sepenuhnya bahwa Yang Maha Wadud, Allah SWT tidaklah mungkin akan mentakdirkan yang buruk bagi alam semesta, apalagi manusia. Ungkapan kesialan dan bencana jangan-jangan merupakan ekspresi dari ketidakmampuan kita dalam melihat sisi baik dari setiap ciptaan Tuhan yang Maha Kuasa.

Orang yang memiliki carapandang positif sebagai akhlaqnya senantiasa bisa melihat pelita dalam kegelapan. Mampu bersikap adil dalam setiap kejadian. Tidak sombong dan lupa daratan ketika terdudukkan dalam kenikmatan, sebaliknya juga tidak pesimis dan putus-asa dari nikmat Tuhan bahkan selalu memiliki harapan ketika berada dalam “kebangkrutan”. Sehingga mereka itulah orang-orang yang bisa jadi dalam hidupnya pernah terjatuh sepuluhkali namun tetap mampu bangkit sebelaskali.

Demikianlah kehebatan orang-orang yang memiliki akhlaq carapandang positif. Semoga kita mampu belajar untuk bisa memiliki akhlaq tersebut, amin ya Rabbal alamin..